Bluechatting, Bluejacking dan Bluesnarfing

Bluechatting adalah ber-chatting ria dengan memamfaatkan fasilitas bluetooth. Karena jangkauan bluetooth terbatas pada jarak kurang lebih 10 meter, oleh karna itu chatting lewat teknologi radio ini hanya dapat dilakukan dengan jarak dekat saja. Umumnya bluechatting dilakukan pada ruangan yang penuh dengan orang.

Teknologi bluetooth memang memungkinkan untuk sebuah peranti mengirimkan file ke peranti lain tanpa melakukan pairing. Kemampuan ini sebenarnya lebih ditujukan untuk aplikasi pengelola informasi pribadi (Personal Imformation Management atau PIM). Kemampuan seperti ini memungkinkan ponsel, PDA, atau komputer/PC untuk saling bertukar kartu nama virtual (vCard). Dengan vitur yang sama pemakai juga bisa bertukar agenda aktivitas lewat vCalender.

Namun ternyata kita juga bisa melakukan hal yang sama untuk sembarang file termasuk juga pesan (dalam bentuk file teks) atau juga gambar. Karna itulah kita bisa memamfaatkannya utuk chatting.

BLUEJACKING

Berbeda dengan bluechatting, bluejacking lebih ditujukan untuk mengirimkan pesan-pesan yang tidak dinginkan.
Bluejacking dapat bekerja sbb :
seseorang mengirim pesan/gambar/file lain. Apabila ponsel atau peranti yang digunakan mengirim tidak dikenal maka akan di minta konfirmasi apakah kita ingin menerima file/pesan tersebut, nah itulah yang disebut bluejacking.

BLUESNARFING

Pernah mendengar berita ancaman keamanan lewat sambungan bluetooth ? Mungkin anda kira ini ada kaitannya dengan bluejacking. Sebenarnya tidak.
Celah keamanan ini bernama bluesnarfing. Berbeda dengan bluejacking di mana sang pembajak mengirim data pada ponsel anda, pada bluesnarfing dilakukan untuk menyadap data dari buku telepon. Pelaku juga tidak perlu konfirmasi dari korban untuk mendapatkan data.
Cara untuk menghindarinya mudah saja, jangan biarkan fitur bluetooth anda aktif dan berada pada keadaan discoverable (dapat ditemukan perangkat lain). Tapi ini berarti anda tidak akan dapat ditemukan orang lain yg ingin melakukan chatting via bluetooth dengan anda.

Salahsatu aplikasi untuk chat via bluetooth adalah Mobiluck. Mobiluck merupakan aplikasi yang cukup lengkap. Peranti ini dapat mengirim pesan pada peranti lain meskipun mobiluck tidak terpasang di sana.