Tim Berners Lee penemu WWW


Pak Tim Berners Lee lahir dilondon tanggal 8 juni 1955. Sejak kecik om berners menyukai matematika, karna orang tuanya adalah ahli matematika yang bekerja di sebuah perusahaan komputer. Dan pada saat kuliah, om Tim belajar fisika. Akhirnya, ia menekuni fisika hingga kini.

Gara gara kereta api

ketika berumur 11 tahun, sekolah pak berners terletak di antara dua rel kereta api sehingga setiap hari, ia selalu mengamati kereta api yang berlalu lalang. Kemudian ia memiki sebuah model kereta api dan rel miniatur. Lalu pak Berners membuat perangkat elektronik untuk mengendalikan kereta apinya, dan akhirnya ia lebih suka utak-atik elektronik dari pada main dengan kereta apinya.
Sewaktu kuliah di universitas Oxford di inggris, ia pernah membuat komputer dari televisi bekas loh..!

Lahirnya WWW

Tahun 1989, Pak berners menciptakan WWW saat ia bekerja di CERN, laboratorium fisika partikel terbesar di dunia. Di sana ada ribuan ilmuan dari berbagai negara, dan mereka membawa komputer sendiri dengan berbagai program yang berbeda beda.
Ketika harus mencari informasi dari satu komputer ke komputer lain adalah hal yang sangat merepotkan. Atas dasar itulah pak Berners menciptakan WWW. Berkat ciptaannya, setiap orang dapat mengakses berbagai informasi dengan lebih mudah.

Kemudian, pak Berners membebaskan WWW dipakai siapa saja. Ia tidak mengambil royalti dan tidak juga memiliki hak paten atas penemuannya itu.
Menurutnya. WWW akan berkembang jika bebas digunakan siapa saja. Dengan tindakanya itu ia dia dianugrahi berbagai penghargaan dan mendapat gelar bangsawan dari kerajaan inggris.
Kini pak Berners memimpin World Wide Web Consortium (W3C) dan World Wide Web Foundation. Yaitu lembaga internasional yang mengembangkan WWW. Ia berharap WWW digunakan dengan bijaksana agar dapat menjadi alat komunikasi yang membantu manusia.

Imajinasi

Menurut pak Berners, siapapun dapat membuat program komputer dan internet, syaratnya imajinasi yang tak terbatas dan ilmu fisika. Ia bilang, cobalah berkhayal komputer melakukan tindakan tertentu. Dari khayalan itu, kita terpacu untuk untuk merealisasikannya. Hmm...... Bisa di coba tuh !
Pak Berners selalu mengingatkan bahwa WWW bukanlah internet. Internet adalah jaringan komputer sedangkan, WWW adalah kumpulan berbagai informasi yang dikirim lewat internet.