Saluran Oli Balap Awet Buat Harian


Mekanik balap selalu mikirin gimana oli bisa maksimal melumasi setiap inci jeroan mesin, agar motor bisa di geber abis-abisan buat menangin balapan, nggak lucukan kalo motornya mogok tengah jalan, bisa kena marah si boss tuh ! Jika kiat-kiat si mekanik sakses buat balap mengapa engga kita terapkan buat motor harian?
Awalnya waktu kuda pacu 2-tak jadi primadona. Saat itu, banyak teknologi mekanik pasar senggol diadopsi motor harian. Bahkan tekniknya tetap dipakai sampai sekarang.

Paling santer trik piston anti macet. Banyak kiliker road race bikin got di piston buat nampung oli. Alhasil, oli masuk situ ngurangin gesekan torak dengan liner silinder.
Buat harian bikinnya gampang. Paling sederhana dibor dengan mata bor 4 mm. Tapi jangan sampe tembus. Kalo mau lebih sip, dingding piston dikikis melingkar. Yang ini kudu kerjasama tukang bubut. Tapi, kini banyak piston after market yang udah ada got untuk pelumas, dan hampir semua tipe motor 4-tak punya piston kayak gini.

Pas balap motor 4-tak rame, mekanik balap banyak yang berkreasi untuk melepas panas pelumas. Ada yang pakai oil-cooler. Atau mamfaatin saluran pernapasan mesin yang udah ada. Kiat yang terakhir ini mudah diterapkan di motor harian.
Triknya, cukup gedein lubang pernafasan. Lalu dipasang slang yang salah satu ujungnya berakhir di botol penampung. Intinya untuk melepas panas oli dan oli yang meluap. Lalu ditampung biar nggak berceceran ke roda atau trek.