Kapan Yah Waktu Yang Pas Buat Ganti Oli ?


Banyak pengendara nggak konsisten kapan waktunya ganti oli kendaraannya. Kebanyakan hanya berpatokan pada hitungan bulan saja. Bukan pada angka odometer di panel spidometer. Makin runyam lagi kalau petunjuk penting itu sudah tidak berfungsi, walah !
sebenarnya, mengingat waktu kapan ganti oli itu gampang. Misal tiap 1 bulan sekali, ini masuk kategori paling boros terhadap isi dompet tapi sayang mesin. Dan kalau sampai 3 bulan lebih, ini termasuk kategori nggak pintar rawat motor.
buat yang tunggangannya sudah tidak dilengkapi spidometer, janganlah langsung beralaskan nggak punya patokan. Pergantian paling ideal dapat dilakukan tiap 2 bulan sekali atau maksimal 3.000 km, ini dihitung dari rasio pemakaian sehari hari. Begini menghitungnya, umpama dalam sehari, motor dikendarai maksimal menempuh jarak 50 km selama 6 hari. Kalau itu terjadi selama 2 bulan penuh, maka jarak total yang ditempuh berarti 2.400 km. Itu belum termasuk hitungan putaran mesin saat langsam, kondisi jalan macet dan berhenti di lampu merah. Jadi kalau kedua hal itu ikut dijumlahkan, total kilometer yang ditempuh sekitar 3.000 km, nah itu sudah termasuk diwajibkan untuk ganti oli.